Langsung ke konten utama

CARA UPGRADE LINUX MINT 18.3 KE VERSI 19 DENGAN NAMA KODE TARA

  sekarang mungkin sekali upgrade dari linux mint 18.3 edisi cinnamon, MATE, dan xfce ke versi 19.

  ada baiknya kalian buat backup dulu sebelum melakukan upgrade, entah itu di timeshift atau backup tool. jadi jika ada kesalahan kalian bisa merestorenya di kemudian hari. disarankan juga mencobanya dulu di virtualbox, live cd atau flashdisk.

  proses upgrade linux mint versi 19 ini memerlukan beberapa persyaratan diantaranya pernah atau berpengalaman dengan perintah APT dan beberapa perintah terminal linux lainnya.proses upgrade ini tidak dianjurkan untuk pengguna linux yang tidak berpengalaman atau tidak bisa menerima resiko yang di timbulkan apabila ada kesalahan. kalian harus tahu cara menulis perintah dan membaca output dari perintah tersebut.

  alat upgrade ini hanya bisa mengupgrade linux mint dari versi 18.3 baik itu yang edisi cinnamon, MATE, maupun edisi xfce.jika versi linux mint kalian berada dibawahnya jangan lakukan cara ini.

  syarat selanjutnya yaitu harus terinstall timeshift dan punya snapshotnya. untuk menginstallnya kalian ketikkan perintah apt install timeshift di terminal. untuk membukanya pergi ke menu => administration => timeshift ikuti perintah wizard untuk posisi penempatan snapshotnya.atau pake create pada toolbar.

  syarat yang ketiga pake display manager lightdm. untuk mengetahui display manager yang kalian gunakan saat ini, buka terminal ketikkan perintah cat /etc/x11/default-display-manager jika hasilnya /usr/bin/lightdm kalian bisa melewati cara ini.

  dan jika hasilnya /usr/sbin/mdm kalian perlu merubah display managernya ke lightdm dan menghapus mdm nya. buka terminal lalu ketikkan perintah apt install lightdm lightdm-setting slick-greeter ketika ditanya harus memilih antara mdm dan lightdm kalian pilih lightdm. buka terminal dan ketikkan perintah :


apt remove --purge mdm mint-mdm-themes*


sudo dpkg-reconfigure lightdm


sudo reboot


  kita mulai proses upgrade menggunakan update manager dengan merefreshnya, hal ini dilakukan untuk merefresh cache dan apply semua paket update-annya.kemudian setting scrolling terminal menjadi unlimited. caranya buka terminal masuk ke menu edit=>profile preferences=>scrolling pembatasan scrollingnya jangan di centang.

  install alat upgrade nya dengan mengetikkan perintah di terminal:
apt install mintupgrade
untuk mensimulasikan proses upgrade buka terminal lalu ketikkan perintah:
mintupgrade check
lalu ikuti perintah yang ada pada layar terminal.

  perintah ini hanya mensimulasikan proses upgrade ke linux mint versi 19, jika sudah selesai mensimulasikan, kalian akan dibawa kembali ke versi 18.3 . perhatikan juga beberapa paket yang akan di remove pada saat kalian mengupgrade system ini, sehingga saat selesai di upgrade,kalian bisa menginstall ulang paket yang di remove tadi.

  untuk mendownload paket upgrade-annya ketikkan perintah di terminal mintupgrade download .perintah ini hanya mendownload paketnya saja, bukan memulai proses upgrade. jika sampai proses ini kalian ingin kembali ke repositori linux mint 18.3 tinggal ketikkan perintah mintupgrade restore-sources .
  untuk pemasangan paket yang sudah di download tadi ketikkan perintah ini:
mintupgrade upgrade
tunggu sampai prosesnya selesai.

  sebaiknya siap kuota sama kopi yaaa.. selamat mencoba semoga sukses. untuk lebih jelasnya kunjungi official linux mint ini

 
 
  itulah cara upgrade linux mint versi 18.3 ke versi 19 dan dibawah ini foto hasilnya .

linux mint tara


 

Komentar