Langsung ke konten utama

LANGKAH SERTA TIPS STREAMING DAN MIRRORING/SCREENCAST ANDROID DENGAN LINUX MINT

  Platform streaming maupun situs berbagi video sekarang sedang di gandrungi oleh banyak orang karena situasi akibat covid-19 dan mayoritas masyarakat menghabiskan aktifitasnya di rumah. Banyak orang memanfaatkan platform streaming maupun berbagi video untuk menghabiskan waktu maupun membagikan bebearapa aktifitas misalnya untuk bermain game. Game-game mobile menjadi relevan karena penggunanya yang besar daripada game console maupun game PC. Bagi sebagian orang dengan menjadi streamer bisa jadi mata pencaharian yang menjanjikan dimasa sekarang ini.
  Rata-rata para streamer menggunakan Os berbasis Windows untuk melakukan streaming game pavoritnya. disamping karena banyak aplikasi dan tool yang support, mayoritas masyarakat di seluruh dunia menggunakan windows untuk melakukan berbagai aktifitasnya. termasuk untuk streaming.

  Lalu bagaimana dengan pengguna Os Linux ? tenang, karena linux sifatnya opensource dan dengan solidnya dukungan komunitas. hal-hal yang tadinya kelihatan sulit jadi mudah, dengan syarat kalian mau berusaha dan mengerti bahasa inggris sebagai bahasa internasional. aplikasi maupun tool windows sekarang banyak alternatifnya di Os Linux. termasuk untuk streaming, terutama game android.

  Berikut beberapa alat dan bahan serta cara pemasangan untuk streaming dan mirroring/screencast android dengan linux mint.

Alat-alat atau paket yang diperlukan:

 1.Install adb
Ketikan perintah :
sudo apt-get install adb
 2.Install scrcpy untuk mirorring layar android
cara instalnya kalian download paket terbarunya dengan mengetikan perintah:
apt install scrcpy
bisa juga melalui perintah snap atau download via snapstore.

 3. Install sndcpy untuk suaranya. untuk android versi 9 kebawah pake paket usbaudio sedangkan untuk android 10 keatas pake sndcpy. Install sndcpy dengan cara dan paket dari link officialnya pasang di laptop juga android kalian. decompress/ekstrack file hasil download tadi,kalian akan menemukan beberapa file dengan ekstensi berbeda. yang berektensi .apk untuk dipasang di android kalian, yang berekstensi .bat untuk windows sedangkan yang tanpa ekstensi untuk linux.

4. Install obs untuk rekam atau streamingnya. Caranya di link berikut

Cara pakainya :

1. aktifkan usb debugging di android kalian dengan cara masuk ke pengaturan (setting) - tentang (about) - informasi perangkat lunak (software information) lalu tap beberapa kali di bagian build number sampai muncul developer mode on. cari usb debugging lalu aktifkan.

2. run scrcpy dengan mengetikkan perintah di terminal
scrcpy
lihat notif di hp dengan kode RSA fingerprint klik setuju atau oke. cek dulu apakah sudah tersambung apa belum dengan mengetikan perintah:
adb devices
jika belum, ketikkan perintah
adb start-server
printah lainnya yaitu
adb kill-server
perangkat terinstall via adb devices

2. karena saya menggunakan versi android 8 saya menggunakan usbaudio. ketikan perintah
usbaudio
di terminal. jika pengguna android 10 gunakan perintah
sndcpy
 
scrcpy, usbaudio

dengan syarat paket-paket tersebut harus terinstall terlebih dahulu. paket lain yang harus terinstall adalah vlc. karena audionya di putar dengan vlc. jika layar android kalian sudah tampil di linux dan suaranya sudah ada maka tinggal buka obs studio.

3.buka obsnya klik bagian source - window capture - klik seri android kalian lalu oke. maka obs hanya akan mengambil layar android kalian saja.

saran:
-jika spek laptop kalian rendah gunakan bitrate kecil untuk audio dan video kalian.
-jika ada delay antara audio dan video (tidak sinkron) restart usbaudio atau sndcpy kalian.

untuk menggunakan scrcpy secara wireless coba cara di bawah ini:
  • connect dengan usb terlebih dahulu dan pastikan laptop/komputer kalian berada dalam jaringan yang sama dengan jaringan hp.
  • pastikan connect dengan perintah adb devices
  • ketikkan perintah adb tcpip 5555
  • jika sudah ada output connected silahkan cabut usb lalu connect kan dengan perintah adb connect ip.address.hp.kalian:5555 . ip address biasanya ada di setting - tentang - status .
  • jalankan perintah scrcpy
 Demikian cara streaming dan mirroring/screencast android dengan linux mint . sekian dan terimakasih. jika ada yang salah atau pertanyaan lain silahkan berkomentar.
 
 selanjutnya, kalian bisa lihat videonya di bawah ini . semoga bermanfaat



Komentar