Langsung ke konten utama

TIPS DAN SARAN DI MEDIA SOSIAL

   Media sosial sekarang ini jadi bagian terpenting dalam kehidupan manusia. berbagai kegiatan bisa dilakukan dengan media sosial seperti jualan ,promosi dan lain sebagainya. hal ini sah-sah saja dan sangan positif apalagi di pakai untuk berdakwah, berbagi pengalaman dan dan bersosialisasi.. tujuan media social pun sebenarnya mendekatkan seseorang yang saling berjauhan untuk bersosialisasi. jangan sampai ketika sedang berkumpul kalian sibuk bermedia sosialan. ini salah kaprah. apalagi media sosial di gunakan untuk menyebar konten palsu atau hoaks, provokatif, dipelintir, penipuan dan lain sebagainya.

 Belakangan media social banyak di isi dengan konten negatif yang meresahkan entah itu disengaja ataupun tidak disengaja. ada juga konten yang pada awalnya positif tapi ujung-ujungnya dimanfaatkan alias dipelintir. apalagi di momen-momen pemilu seperti sekarang ini. misalkan calon presiden kan cuma ada dua kubu, kedua kubu di benturkan dengan konten provokatif dan hoaks di media sosial. ada juga yang membenturkannya dengan aparat.hal-hal seperti ini sangat meresahkan.

  Perlu kedewasaan seseorang dalam menggunakan tekhnologi dalam hal ini media sosial karena menurut saya, tekhnologi tidak bisa di bendung. beberapa saran dari saya supaya media sosial itu jadi bermanfaat bagi orang banyak diantaranya :

1. jangan curhat masalah pribadi di medsos yang ujung-ujungnya menjelekkan.dengan melakukan hal ini anda secara tidak sadar menelanjangi diri anda sendiri. yang pada awalnya mau menarik simpati orang lain , malah jadi bahan nyinyiran.

2. jangan menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya,fakta-fakta dan netralitasnya harus di pertanyakan dulu. apabila menyebarkan berita harus disertai link agar para pembaca bisa melihatnya secara keseluruhan. disini medianya juga harus kredibel.

3. jangan terprovokasi konten humor, walaupun anda terprovokasi , kalian tak akan di tanggapi dengan serius. yang ada bakal jadi bahan candaan. anda sendiri yang rugi. apalagi kalau anda mulai baper.

4. jangan coba-coba memposting/melakukan penipuan, hal ini jelas melanggar hukum. orang-orang yang mengerti IT bisa melacak lokasi anda. anda juga akan kena uu ITE dan pasal penipuan.

5. berkomentarlah yang sopan, dan pastikan tujuan anda tersampaikan. jika punya sanggahan atau tidak setuju dengan sebuah postingan utarakan dengan kata-kata yang lugas dan tidak berbelit-belit.

Komentar