Langsung ke konten utama

TUTORIAL CARA HAPUS APLIKASI YANG MENGGANGU, VIRUS, APLIKASI BAWAAN/BLOATWARE TANPA ROOT

   Halo teman-teman alvarro yang saya cintai dan banggakan. Wkwkwk kali ini saya mau membagikan sedikit tutorial cara hapus aplikasi bawaan atau bloatware bisa juga aplikasi yang membandel seperti virus yang menyamar jadi aplikasi. Simak penjelasannya di bawah ini.


   Pernah nggak sih kalian menemukan aplikasi yang membandel seperti yang saya sebutkan di atas? Selain aplikasi bawaan, virus-virus yang menyamar ini kadang tiba-tiba memunculkan pop up iklan yang menutupi keseluruhan layar. Pasti menggangu sekali kan ? Perlu kalian ketahui bahwa iklanpun memakan kuota internet kita , apalagi iklan yang memuat video dengan resolusi tinggi. Karena aplikasinya yang tersembunyi (tidak bisa di uninstall) via aplikasi manager kita pasti sulit untuk menghapusnya. Aalasan lain untuk mengunistall aplikasi bawaan ialah karena terlalu memakan memori dan RAM android kita. salah satu caranya hanya dengan menghapus aplikasi bawaan yang tidak di gunakan maupun yang double seperti google photo dan galeri hape kita sendiri. Hal itu merupakan 2 hal yang berbeda tetapi memiliki fungsi yang sama. Salah satu cara menghapusnya dengan me-root android kita dengan aplikasi yang mempunyai akses root. cara ini bagi sebagian orang merupakan cara sulit (dalam melakukan root) dan yang pasti memiliki resiko yang fatal seperti bootloop. Resiko lainnya juga yang perlu kalian ketahui bahwa dengan me-root android kita akan kehilangan garansi dan update firmware. Selain itu aplikasi perbankan, keuangan dan aplikasi sejenis seperti gojek dan lain sebagainya tidak bisa dipasang dengan cara biasa.


   Lantas bagaimana cara menghapus aplikasi membandel tersebut ?


  Caranya dengan adb shell. Apa itu adb shell ? Adb shell merupakan tool/paket yang berisi perintah terminal/command line bagi developer android untuk mendebug atau melihat apa saja yang terjadi di android itu sendiri. ADB sendiri merupakan singkatan dari Android Debug Bridge yang maksudnya merupakan jembatan antara android dengan komputer sebagai pendebug/analis. Fungsi adb lainnya mungkin bisa saya sampaikan di lain waktu.


 Oke selanjutnya kita persiapan untuk mulai menghapus aplikasi yang membandel. Bahannya yaitu adb itu sendiri. Silahkan kalian cari di google versi apa yang kalian mau, sesuai sistem operasi yang di gunakan. Kalau saya pribadi , saya menggunakan linux cukup simple caranya , hanya dengan mengetikan perintah sudo apt-get install adb pada terminal maka otomatis langsung terinstall. Selanjutnya untuk melihat apa saja yang terinstall kita bisa pasang aplikasi pendukung seperti link2sd karena biasanya pada aplikasi manager bawaan hape, nama aplikasi tidak akan sedetail di aplikasi link2sd. Silahkan download aplikasi link2sd di google playstore kalian.


  Baiklah kita mulai menghapus aplikasi-aplikasi bloatware atau virus, simak baik-baik cara di bawah ini :
  1. aktifkan developer mode pada android kalian dengan cara masuk ke setting (pengaturan) -about (tentang ponsel) lalu tap beberapa kali pada build number (nomer pembentukan) kurang lebih 10 kali sampai ada notifikasi opsi depelover mode diaktifkan. masukan pin/password apabila diperlukan lalu aktifkan usb debugging di dalam developer mode yaa. Cara ini mungkin berbeda di hape merk lain. Tapi yang penting developer mode dan usb debugging harus aktif.

  2. Konekkan android kalian ke laptop atau komputer yang sudah terinstall adb.

  3. Buka adb atau dengan mengetikan perintah adb devices pada terminal. Lalu konfirmasi pop up di android. Kalian bisa lihat di terminal bahwa android kalian sudah connect.

  4. Buka aplikasi link2sd – user lalu lihat nama aplikasi yang akan di uninstall. Kalian bisa cari di bagian internal atau yang lain asal jangan ngehapus aplikasi system kecuali kalian sudah berpengalaman atau menerima resiko yang akan terjadi. Perlu di ingat juga nama aplikasinya unik biasanya dimulai dengan kata com.nama.aplikasi . Kenapa memakai link2sd ? Karena untuk meneliti aplikasi yang tidak kita inginkan kita perlu melihat icon/gambar aplikasi yang tidak dikenal atau tidak dipasang secara sadar seperti memasang aplikasi pada umumnya. Sebenarnya dengan perintah adb itu sendiri bisa, cuman yang keluar hanya nama-nama aplikasinya saja.


  5. Kembali ke terminal ketikan perintah adb devices - adb shell - pm uninstall -k --user 0 nama aplikasi sebagai contoh saya akan menghapus samsung gift perintahnya adalah pm uninstall -k --user 0 com.srin.indramayu .

    notifikasi sukses

  6. jika sudah, restart hp android kalian lalu lihat aplikasi yang di hapus tadi di aplikasi manager kalian atau di link2sd, seharusnya sekarang aplikasi sudah tidak ada.

Artikel lainnya tentang linux ada disini 

Itulah tutorial cara hapus aplikasi bawaan/bloatware, virus dan lain-lain tanpa root. semoga bermanfaat

Komentar