Langsung ke konten utama

TUTORIAL CARA UPGRADE LINUX MINT DARI VERSI 19.3 KE VERSI 20 ULYANA

  Setelah sebelumya distro linux ubuntu telah terlebih dahulu tersedia upgrade ke versi terbaru, kali ini giliran distro linux mint yang kebagian upgrade tersebut. karena memang linux mint ini turunan ubuntu dan debian pada dasarnya. distro linux mint ini unik karena setiap versi nya diberi nama dengan nama-nama wanita. perlu diketahui juga bahwa linux mint itu ada 3 varian DE (desktop environment) resmi, ada cinnamon, mate dan xfce. yang paling ringan yaitu versi xfce.namun bagi kalian yang merasa kesulitan dalam melakukan upgrade, kali ini saya akan berikan tutorial cara upgrade linux mint dari versi 19.3 ke versi 30 dengan nama ulyana.


  Sebelum memulai pastikan dulu beberapa hal , diantaranya :
  • arsitektur processor kalian apakah 32 bit atau 64 bit. karena linux mint versi terbaru tidak mendukung processor dengan arsitektur 32 bit. cara ceknya bisa ketikan di terminal dengan perintah : dpkg --print-architecture lalu tekan enter. jika keluar amd64 maka kalian bisa melanjutkan upgrade.

  • setting ke deffault repositori. caranya masuk ke menu-administration-software source lalu klik restore to deffault setting terus klik ok pada pop up reload apt cache.
    software source

  • pasang semua update terbaru di update manager. refresh - select all - install updates sampai keluar the system is up to date lalu reboot komputer/laptop.
    update manager

  • membuat system snapshot. masuk ke menu - administration - timeshift lalu klik create tunggu sampai selesai.
    timeshift

  • setelah selesai membuat system snapshot bersihkan PPA dan PPA pihak ketiga dengan cara masuk ke software source - buka tab additional repositories jangan dicentang semua yang ada dalam list. selanjutnya buka tab PPA - jangan dicentang semuanya(tidak di centang berarti di disable) terus klik ok pada pop up reload/refresh cache. kemudian buka tab maintenance klik downgrade foreign package - pilih semua lalu klik downgrade. klik tab remove foreign package - pilih semua - lalu remove. lalu reboot komputer atau laptop kalian.
 
Sekarang proses upgrade bisa dimulai. caranya sebagai berikut:
  1. install alat upgradenya dengan mengetik perintah pada terminal sudo apt install mintupgrade .
  2. untuk mensimulasikan proses upgrade silahkan ketik perintah berikut  di terminal mintupgrade check lalu ikuti perintah pada layar terminal. untuk diketahui hal ini hanya simulasi dan bukan proses upgrade sesungguhnya. pastikan output perintah tersebut tidak ada  error karena output ini memastikan bahwa proses upgrade memungkinkan atau tidak. catatan tambahan : gunakan perintah mintupgrade restore-source  apabila tidak ada output yang intinya mengatakan bahwa settingan apt di kembalikan ke versi sebelumnya . pada saat saya melakukan proses upgrade ada error unmet dependencies, cara memperbaikinya dengan menghapus paket yang error, bisa melalui synaptic package manager atau melalu terminal dengan perintah sudo apt-get remove nama-paket yang menyebabkan error tersebut.
  3. selanjutnya proses download, ketikan perintah pada terminal mintupgrade download . perintah ini hanya mendownload paket yang dibutuhkan dan tidak langsung melakukan upgrade.
  4. proses upgrade bisa dilakukan sekarang dengan catatan bahwa proses ini tidak bisa dibatalkan jadi pastikan dulu charger laptop sudah penuh atau bisa terus sambil di charge karena di pastikan prosesnya memakan waktu lama. apabila ada satu atau lain hal yang membatalkan satu-satunya cara hanya dengan merestore system snapshot yang tadi kita buat.
  5. untuk memulai memasang gunakan perintah mintupgrade upgrade tunggu sampai selesai. karena beberapa kali harus memasukan sandi root kita jadi harus standby. hehe

Komentar