Langsung ke konten utama

HEMAT KUOTA INTERNET DI ANDROID KALIAN DENGAN CARA-CARA BERIKUT INI

Tidak bisa dipungkiri memang, dimasa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, penggunaan kuota untuk akses internet kemungkinan meningkat tajam. Aturan-aturan seperti work from home, belajar dari rumah, meeting dan lain-lain akan menguras kuota internet kalian. Beda halnya dengan kalian-kalian yang berlangganan wifi. Jadi pengguna wifi nyimak dulu, siapa tau bermanfaat buat teman kalian, kalian bisa share artikel ini. Disini saya akan membagikan cara menghemat kuota internet di android dengan cara-cara dan petunjuk yang mudah dipahami.


Perangkat android kebanyakan menyediakan fitur hemat paket data, walaupun masing-masing perangkat kadang berbeda dalam penamaan fitur tersebut. Ada yang namanya data saving mode,ultra data saving dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi secara umum, memiliki fungsi yang sama yaitu meminimalisir/menghemat kuota internet di android kalian.


  Cara kerja fitur di atas biasannya membatasi aplikasi-aplikasi dalam menggunakan akses internet dalam bentuk notifikasi, update otomatis, download otomatis dan masih banyak lagi. Jadi kalian harus mengetahui perangkat android kalian dengan seksama, jangan hanya tau menggunakan saja.


Selain fitur di atas, kita juga bisa mengatur notifikasi dan pembatasan penggunaan data secara manual. Fitur ini biasanya ada di bagian pengaturan, kadang di simpan sama-sama dengan pengaturan koneksi, bisa juga ada di pengaturan aplikasi atau notifikasi. Ada juga yang khusus dibuat sendiri penempatannya.


Untuk lebih maksimal, menghemat kuota saat menggunakan aplikasi tertentu itu, harus di setting berdasarkan aplikasinya. Berikut beberapa aplikasi yang bisa di minimalkan penggunaan kuotanya, sehingga kalian bisa menghemat kuota internet di android kalian.


    • Instagram

      

Instagram merupakan merupakan media social yang banyak dipakai/di install dikalangan milenial alias generasi Z. Berbeda dengan media sosial lainnya, aplikasi ini paling sering memakan banyak kuota karena secara khusus untuk membagikan moment-moment dalam bentuk foto dan video.  Tapi harus kalian tahu bahwa media sosial ini bisa di hemat penggunaan kuota internetnya dengan cara-cara berikut ini:


1.Kalian masuk ke setting di aplikasi instagram kalian,

2. Tap bagian account (akun),

tampilan isi setting instagram


3. Kemudian ke celluler data use (penggunaan data seluler),dan

tampilan bagian akun di instagram


4. Terakhir, aktifkan data saver (penghemat data) dan high resolution media (media resolusi tinggi) ubah ke never (jangan pernah).

celluler data setting instagram



Dengan pengaturan di atas, video maupun foto hanya akan di tampilkan dalam resolusi rendah dan pasti akan menghemat kuota internet kalian.


    • Youtube

      

  Youtube sebagai platform/aplikasi video sharing, dan tentu membutuhkan atau memakai kuota internet yang tidak sedikit. Apalagi sekarang para orang tua banyak yang menyuguhi anak-anaknya video youtube sebagai alternatif tontonan selain media televisi. Tapi tahu kah kalian bahwa settingan default atau bawaan video youtube itu otomatis ? yang berarti resolusi video yang di putar tergantung kemampuan jaringan kita dalam memuat suatu video. Apabila jaringan internet kita berkecepatan yang tinggi, otomatis video yang ditampilkan pun dengan resolusi tinggi.


Tapi jangan khawatir, dibawah ini ada tips yang mungkin berguna untuk kalian dalam menghemat kuota internet saat membuka aplikasi youtube, yaitu:


1. Masuk ke setting, lokasinya di kanan atas pada video yang diputar (titik 3),

posisi setting di aplikasi youtube


2. Sentuh bagian quality (kualitas), dan

setting kualitas di aplikasi youtube


3. Ubah ke angka terkecil, biasanya ada angka-angka 144p , 240p dan seterusnya. Nah kalian pilih yang 144p.


Sama seperti instagram, dengan pengaturan di atas, video yang dimuat di aplikasi youtube  akan di putar dalam resolusi rendah, dalam hal ini memakai resolusi 144 pixel. P pada angka 144 mempunyai makna pixel. Sedikit mengenai pixel, pixel merupakan bentuk kerapatan warna dalam sebuah gambar atau video. Yang artinya, semakin banyak jumlah pixel dalam sebuat gambar/video, itu artinya gambar atau video tersebut akan semakin bagus.


    • Facebook Lite

      

Walaupun facebook lite mempunyai dua mode (mode gratis dan mode data) tapi akuilah, bahwa kalian pernah greget ingin melihat video atau photo yang dibagikan orang lain/teman-teman kita di facebook kan ?. Nah ,untuk menyiasati agar kita bisa menghemat kuota internet saat membuka aplikasi facebook lite, ikuti langkah-langkah dibawah ini :


1. Masuk ke menu setting (pengaturan),

2. Lalu scrol sedikit ke bawah, tap bagian kualitas foto lalu setting ke rendah,

media and contact facebook lite

kualitas foto facebook lite


3. Kembali ke menu setting,

4. Tap pada bagian video putar otomatis lalu nonaktifkan, kemudian

video putar otomatis facebook lite


5. Masih di menu setting, di bagian update facebook lite pilih nonaktifkan semuanya.

update facebook lite



Perlu di ketahui kalau kalian menonaktifkan semua pilihan pada bagian update facebook lite,  semua notifikasinya tidak akan tampil. Kalian harus mengeceknya secara manual melalui playstore.


    • Facebook Reguler

      

Berbeda dengan facebook lite yang membutuhkan resource kecil untuk instalasi, facebook reguler cenderung lebih besar karena fitur didalamnya beraneka ragam. Salah satunya , fitur animasi yang beberapa waktu lalu trending. Fitur ini tidak akan kalian temukan di facebook lite.


Dengan banyaknya fitur di facebook reguler, apakah kita bisa menghemat kuota internet kita di aplikasi tersebut ? Jawabannya ya. Pasti bisa. Dengan mengikuti cara-cara dibawah ini:


1. Masih di menu setting di facebook reguler kalian,

2. Pilih media and contact,

media and contact facebook

setting facebook


3. Di bagian upload photo in HD  nonaktifkan, lalu

4. Upload video in HD nonaktifkan, terus

5. Autoplay ubah ke never autoplay videos, terakhir

6. Nonaktifkan app update.

apps update facebook
    HD artinya high definition biasanya berhubungan dengan rasio layar. rasio layar HD itu di kisaran 1024x720.



    • Twitter Lite dan Reguler

Untuk menghemat kuota internet saat membuka twitter, baik itu twitter lite maupun yang reguler, kalian bisa ikuti cara berikut ini :


1. Tap bagian photo profil, biasanya ada di kiri atas pada aplikasi twitter kalian, lalu

pengaturan twitter

pengaturan twitter lite


2. Setting and privacy, kalau di twitter lite bisa langsung aktifkan data saver, secara otomatis fitur autoplay dinonaktifkan.

data usage twitter lite


3. Di twitter reguler masuk ke data usage dulu, kemudian

setting ang privacy twitter


4. Aktifkan data saver.

data usage twitter



Berbeda dengan media sosial lain, pengguna twitter secara mayoritas bersifat kritis atau bahkan sarkas. Sedikit info juga , twitter ini sudah ada sebelum instagram booming. Bertindak sebagai pesaing facebook, twiter juga bisa memposting kata-kata, photo dan video. Tapi kata-kata / caption di twitter cenderung dibatasi. Sesuai arti kata tweet yang mempunyai makna kicauan. Beda dengan facebook, pembatasan postingannya di ribuan karakter jauh lebih banyak daripada twitter. Sehingga pengguna akun twitter harus menggunakan / memperlakukan postingan layaknya thread. Seperti di forum-forum diskusi.


Aplikasi selanjutnya yaitu:

    • Whatsapp

Sebagai media sosial berbasis chatting, biasanya hanya digunakan untuk kerabat dekat, rekan bisnis, atau bahkan sebagai media obrolan yang bersifat private, yang berarti obrolan di aplikasi ini hanya dua arah. Walaupun banyak alternatif lain, tapi whatsapp merupakan aplikasi yang umum digunakan.

Lalu bagaimana cara menghemat kuota internet ketika menggunakan whatsapp? Ayo kita simak baik-baik stepnya ,yaitu :

 

1. Masuk ke menu setting,

2. Ke bagian data and storage usage,

pengaturan whatsapp


3. Lalu pada media auto download, dibagian when using mobile data, kalian unchecklist photo,audio,video,document,

data and storage use whatsapp


4. Di bagian when connected wifi juga sama, kalau kalian ingin hemat wifi. Bisa juga kan ngewifi dari hp temen gitu.

5. Terus di bagian call setting, low data usage aktifkan.


Yang terakhir, adalah:


    • Google Playstore


Google playstore merupakan aplikasi bawaan pada semua handphone yang berbasis android. Walaupun pada perangkat huawei terbaru ditiadakan terkait konflik yang terjadi belakangan ini antara huawei dan pemerintah Amerika Serikat . Tapi tetap saja penggunanya cenderung di paksakan menggunakan playstore untuk mendownload sebuah aplikasi, walaupun diluar sana banyak aplikasi store lainnya yang lebih berguna dan berukuran kecil.


Berperan sebagai toko untuk android kalian, playstore ini menyimpan hampir semua aplikasi dan media sosial yang telah saya sebutkan di atas,bagaimana kondisinya, keamanannya, atau pembaharuan tersedia atau belum.


Mungkin menghemat kuota internet di aplikasi playstore ini yang paling mudah dan tidak ribet. Kalian hanya perlu masuk ke setting, auto update dan auto play video di disable. Untuk update sendiri, bisa dilakukan atau kalian pilih sendiri aplikasi yang dirasa penting untuk dilakukan update. Saran saya, aplikasi yang jarang atau bahkan tidak digunakan jangan di update.

pengaturan google playstore

setting auto-update google playstore


FYI (for your information)


    Android merupakan sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan raksasa google yang berbasis di Amerika Serikat

  Aplikasi whatsapp, facebook dan instagram menyimpan semua menu setting di kanan atas, kecuali instagram. instagram terlebih dahulu harus tap profil tapi sama posisinya ada di kanan atas. tahu kenapa ? yuppss, karena ketiga aplikasi tersebut satu korporasi/perusahaan milik mark zuckenberg yang notabene founder facebook.

    Tata letak menu-menu aplikasi diatas bisa saja berbeda tergantung versi aplikasi yang terpasang di handphone android kalian.


    Itulah beberapa cara atau tutorial hemat kuota internet di android kalian. jangan lupa bagikan artikel ini jika menurut kalian bermanfaat. jika ada yang mau ditambahkan atau mungkin di koreksi, silahkan berkomentar di bagian bawah artikel ini. semoga bermanfaat. jangan lupa jaga kesehatan , rajin berolahraga dan pakai masker apabila keluar rumah/ke tempat ramai. FIGHT FOR COVID-19

Komentar