Langsung ke konten utama

Weylus : Aplikasi Linux Yang Bisa Merubah Smartphone Kita Menjadi Pentab

  Hallo teman-teman, lama tidak membuat artikel karena kesibukan saya di dunia desain grafis. Padahal nggak sibuk-sibuk amat . hehe

  Ngomong-ngomong desain grafis, kali ini saya akan membahas tutorial mengenai weylus. Weylus itu semacam aplikasi yang bisa merubah smartphone kita menjadi pentab. kalian yang berkecimpung di dunia desain grafis pasti tidak asing lagi dengan pentab. pentab itu bisa mempermudah kita dalam menggambar karena pada dasarnya cara kerja pentab itu seperti kita menggambar memakan pensil pada sebuah media seperti buku. namun pada pentab media yang semula berupa buku berganti jadi perangkat layar/screen.

  Pentab yang ada dipasaran rupanya bervariasi tergantung merk,seri sama kualitasnya. yang termurah, beberapa pentab ada dikisaran 400 ribu.

  Bagi kalian yang belum mampu membeli pentab , kalian bisa menggunakan aplikasi weylus ini. beberapa keunggulan dari welus ini yaitu support pressure untuk stylus pen seperti di pentab. saran saya kalian menggunakan tablet untuk menggunakan aplikasi ini di smartphone, biar mempermudah kita melihat detail karena layarnya yang berukuran lebih besar dari smartphone biasa.

  Oke langsung saja kita mulai tutorial pasang aplikasi weylus ini di sistem operasi linux mint ulyana.

1. Kalian buka terminal lalu ketikkan perintah tanpa tanda petik

sudo ufw allow 1701/tcp
sudo ufw allow 9001/tcp
  Perintah ini fungsinya untuk memberikan akses ke firewall supaya port tersebut tidak di blokir ketika ada koneksi masuk. karena weylus ini menggunakan port-port di atas untuk  saling berinteraksi antara browser smartphone kalian dengan perangkat linux. Alternatif lain, bisa juga dengan menonaktifkan firewall.

2. Perintah berikutnya adalah

sudo groupadd -r uinput

sudo usermod -aG uinput $USER

echo 'KERNEL=="uinput", MODE="0660", GROUP="uinput", OPTIONS+="static_node=uinput"' \

 kemudian akan muncul pop up lalu ketikkan perintah ini

sudo tee /etc/udev/rules.d/60-weylus.rules

 Perintah ini gunanya untuk mensimulasikan input pada smartphone kalian ke perangkat linux. serta menambahkan rules untuk weylus.

3. Lalu perintah terakhir adalah  

sudo udevadm control --reload

sudo udevadm trigger

 Untuk membuka weylus di linux kalian, cukup ketikan perintah weylus di terminal kemudian akan muncul pop up window masukkan acces code untuk weylus kalian lalu start. terakhir , buka browser smartphone kalian,lalu masukkan ip address yang tampil di pop up window linux kemudian masukkan access code nya. atau bisa juga dengan menscan barcode yang muncul di weylus.

 Cobalah menggunakannya dengan membuka aplikasi menggambar atau vector. seperti inkscape atau krita dilinux.

  Fungsi lain dari weylus ini adalah memproyeksikan layar linux kalian ke browser di smartphone.

selamat mencoba

sumber: WEYLUS

 

Komentar